oleh

Wabup: Pemahaman Toleransi Antarumat Beragama Perlu Ditanamkan kepada Generasi Muda

-Daerah-48 views
SLEMAN, METROHEADLINE.NET

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sleman menyelenggarakan seminar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Aula Kantor Kalurahan Tegaltirto, Kapanewon Berbah, Selasa (28/5). Seminar FKUB tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa.

Kegiatan seminar FKUB kali ini menyasar generasi muda yang tergabung dalam berbagai organisasi sosial yang berada di wilayah Kabupaten Sleman, khususnya wilayah Berbah.

“Generasi muda dilibatkan dalam kegiatan ini sebagai upaya memberi pemahaman terkait nilai-nilai toleransi untuk mewujudkan kerukunan umat beragama,” kata Kepala Kesbangpol Sleman, Hery Sutopo.

Lebih lanjut, Hery menuturkan, pengelenggaraan seminar berlangsung di Kalurahan Tegaltirto ini merupakan inisiasi organisasi kemasyarakatan (ormas) Karang Taruna Tegaltirro, Berbah.

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, mengatakan, dalam mewujudkan kerukunan umat beragama dalam suatu wilayah, perlu sinergisitas antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat, tidak terkecuali para generasi muda baik yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan maupun tidak.

Menurut Danang, pemahaman mengenai toleransi antarumat beragama perlu ditanamkan kepada generasi muda sebagai upaya memperkuat kesatuan bangsa sehingga akan timbul rasa saling menghormati.

“Kegiatan seperti ini sangat penting agar generasi muda memiliki pemahaman terkait kerukunan umat beragama,” ujarnya.

Menanamkan rasa toleransi kepada generasi muda, katanya lebih lanjut, merupakan hal yang sangat penting, terlebih generasi muda saat ini cenderung mengikuti perkembangan teknologi informasi.

“Kemajuan teknologi informasi ini dapat dimanfaatkan sebagai hal yang positif. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa mudahnya akses informasi ini juga bisa dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sebagai sarana dalam menyebarluaskan informasi atau narasi yang berpotensi memecah-belah kesatuan bangsa,” paparnya.

Untuk itu, ia mengajak generasi muda agar bijak dalam memahami sesuatu hal dengan tidak mudah terprovokasi dan tetap mengedepankan rasa toleransi. Ia juga menyampaikan harapannya agar generasi muda banyak mengisi kegiatannya dalam berbagai kegiatan positif, baik di dunia kreatif, seni, budaya, dan kegiatan positif lainnya. (Joko S.)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed