oleh

Sertijab Panewu Mlati, Yakti Yudanto Serahkan Jabatan ke Arifin, M.Laws.

-Daerah-145 views
SLEMAN, METROHEADLINE.NET

Rotasi dan mutasi jabatan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sleman merupakan langkah pembinaan pegawai yang secara rutin dilakukan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sleman, Kustini Sir Purnomo, yang dibacakan oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Sleman, Ajiwulantoro, S.H., M.Hum. pada serah terima jabatan (sertijab) Panewu Mlati dari Yakti Yudanto kepada Arfin, M.Laws, di Pendopo Kapanewon Mlati, Senin (20/9).

Panewu Mlati yang lama, Yakti Yudanto, dan istri (kiri) dan Panewu Mlati yang baru, Arifin, M. Laws, dan istri (Foto: Joni Chan)

Lebih jauh dia mengatakan, demikian juga dengan Yakti Yudanto yang dirotasi ke Kapanewon Seyegan. Hal serupa juga terjadi pada Arifin, M.Laws. yang sebelumnya menjabat Panewu Mayudan.

“Saudara Yakti sudah cukup lama bertugas di Mlati, begitu juga Arifin sudah cukup lama berdinas di Mayudan. Namun, pada hari ini saudara-saudara berdua sudah dipindahtugaskan ke tempat yang sudah ditunjuk oleh Bupati Sleman,” ungkapnya sambil memberikan selamat bertugas kepada keduanya di tempat baru.

Panewu Mlati yang lama, Yakti Yudanto, dan istri (Foto: Joni Chan)

Aji yakin, kedua panewu tersebut tidak terlalu sulit untuk beradaptasi di tempat masing-masing karena keduanya sudah malang-melintang melaksanakan tugas-tugas kewilayahan di kapanewonan.

“Ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan. Panewu itu walaupun bukan perangkat wilayah, dia adalah perangkat daerah yang fungsi tugasnya sama dengan perangkat wilayah. Jadi, camat dari sisi kelembagaan mungkin berbeda, tetapi fungsinya sama. Masyarakat mungkin tidak mengenal yang namanya perangkat wilayah maupun daerah, tapi bagaimana sosok seorang camat/panewu mampu memberi jawaban terhadap pelayanan-pelayanan kepada masyarakat,” paparnya.

Panewu Mlati yang baru, Arifin, M. Laws, dan istri (Foto: Joni Chan)

Dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di kapanewon, katanya meneruskan, saat ini ada perubahan UU No. 13 Tahun 2012, yang dulu camat sekarang diubah menjadi panewu, sedangkan kepala desa diganti dengan lurah.

Pada kesempatan tersebut, Panewu Yakti Yudanto dan istri bepamitan kepada seluruh perangkat tingkat kapanewonan sekaligus mengucapkan terima kasih.

“Saya beserta istri mengucapkan banyak terima kasih atas kerja sama selama ini yang berjalan dengan baik, apalagi pada masa-masa sulit seperti sekarang ini. Namun, dengan kerja yang baik antara Kapanewon Mlati dengan pihak kepolisian, TNI, dan tokoh-tokoh masyarakat, dan lembaga lainnya semua kesulitan dapat kita lalui bersama. Tugas dan amanah harus saya laksanakan demi bangsa dan negara. Saya siap ditugaskan di mana pun,” ujar Yakti teguh.

Sementara itu, Panewu Mlati yang baru, Drs. Arifin, M.Laws., beserta istrinya mengucapkan terima kasih. “Setelah serah terima jabatan, saya siap bekerja sama dengan siapa pun, termasuk dengan pihak kepolisian, TNI, dan pihak-pihak lainnya. Kita ini adalah pelayan masyarakat, bukan untuk dilayani masyarakat. Kapanpun  kami siap di tempat,” ujar Arifin. (Joni Chan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed