oleh

Seratus Persen Siswa Kelas 9 Laksanakan Ujian Sekolah via Daring

-Pendidikan-183 views
BOGOR, METROHEADLINE.NET

Seratus persen siswa Kelas 9 SMPN 1 Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melaksanakan ujian sekolah (US) melalui daring (online). Demikian disampaikan PKS Kesiswaan SMPN 1 Cibungbulang, Rochmat Wahyudi, S.Pd. kepada Metroheadline.net, Selasa (6/4).

Rochmat menambahkan, sesuai dengan juklak dan juknis pelaksanaan US tingkat SMP, maka US dapat dilaksanakan baik dengan online, offline, maupun tatap muka. SMPN 1 Cibungbulang melaksanakan US-nya dengan mode online (daring).

“Pelaksanaan US SMPN 1 Cibungbulang dilaksanakan dengan daring. Siswa menggunakan HP di rumah dengan aplikasi Google Form dan kita berikan link-nya. Namun, bagi siswa, yang karena kondisi tertentu, HP-yang tidak mendukung aplikasi atau bermasalah di sinyal dan kuota, sekolah menyediakan fasilitas untuk digunakan dalam US ini,” kata Rochmat yang juga Sekretaris 2 Panitia Pelaksanaan US Tahun Ajaran 2020-2021.

Namun, ia menambahkan, hanya sebagian kecil siswa yang menggunakan fasilitas sekolah dan melaksanakannya di sekolah. Dari total siswa kelas 9 berjumlah 307 siswa ditambah 4 siswa SMP terbuka, hanya ada 10 murid yang melaksanakan US daring di sekolah dengan fasilitas yang disediakan panitia US.

Dikatakannya, pada hari kedua pelaksanaan, US daring belum mengalami kendala yang berarti. Hanya sinyal di beberapa tempat tinggal siswa yang kurang baik hingga tidak bisa melaksanakan dengan baik. Antisipasinya nanti akan dilaksanakan dengan ujian susulan.

“Selain itu, mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, panitia melaksanakan home visit atau jemput bola ketika anak mengalami kendala dan sebagainya,” jelasnya.

Untuk waktu pelaksanaan US, dia menyebutkan, dilaksanakan selama 6 hari dari Senen (5 April) hingga Sabtu (10 April 2021), dimulai pukul 07.30 hingga 11.30 WIB dan satu hari ada dua mata pelajaran yang diujikan.

Terkait pengawasan dalam pelaksanaan US ini, panitia hanya memantau melalui online. Bila saatnya US dimulai tetap ada peserta US yang belum on, panitia akan menghubungi orangtuannya via telepon maupun WAG.

Bagi kelas 9 US ini adalah kegiatan pembelajaran terakhir. Selesai US, mereka tinggal menunggu pengumuman kelulusan pada 31 Mei 2021.

Rochmat berharap, sebagaimana harapan semua orang, pandemi ini segera berakhir, agar kita dapat melaksanakan pembelajaran dengan normal, aman, dan nyaman.

“Dan untuk kelas 9 semoga lulus dengan nilai yang memuaskan dan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan harapannya,” pungkasnya. (Dharmawan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed