oleh

Selenggarakan Lomba Peringatan Isra Mikraj untuk Tumbuhkan Kepercayaan Diri Generasi Penerus

-Daerah-318 views
SLEMAN, METROHEADLINE.NET

Yayasan Kiwari sukses menyelenggarakan beragam lomba untuk anak-anak. Perlombaan tersebut dimaksudkan sebagai peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad saw., yang diperingati setiap 27 Rajab dan kebetulan untuk tahun ini bertepatan dengan 28 Februari 2021.

Adik santri peserta lomba kaligrafi Peringatan Isra Mikraj yang diadakan Yayasan Kiwari (Foto: Dum)

Demikian diungkapkan ketua panitia, Ustaz M. Ari, kepada Metroheadline.net, di sela-sela kesibukannya, Minggu (28/2). Ia menambahkan, isra mikraj adalah peristiwa penting perjalanan malam hari yang dilakukan Nabi Muhammad saw. ke Sidratul Muntaha di langit ketujuh. Peristiwa ini terjadi pada 27 Rajab pada tahun kedelapan kenabian. Kisah isra mikraj terdapat dalam Alquran surat Al Isro; isro berarti perjalanan di malam hari, mikraj berarti naik atau diangkat ke Sidratul Muntaha.

Ketua Yayasan Kiwari, Ustaz Supriyadi menyerahkan Piala Bupati Sleman kepada Juara Satu (Foto: Dum)

“Lomba-lomba yang diadakan pada dasarnya untuk menumbuhkembangkan rasa percaya diri anak-anak santri. Kepercayaan diri merupakan aspek kepribadian manusia yang berfungsi penting untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. Tanpa adanya kepercayaan diri, maka banyak masalah yang timbul pada manusia. Dengan adanya percaya diri, seorang akan mudah bergaul, menghadapi orang yang lebih tua atau lebih kaya tidak merasa canggung. Mereka akan berani menampakkan dirinya apa adanya, tanpa menonjolkan kelebihan dan menutupi kekurangan-kekurangan,” papar Ustaz Ari panjang lebar.

Alquran sebagai rujukan pertama, katanya menambahkan, menegaskan percaya diri dengan jelas pada surat Al Imran, ayat 139, “Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.”

“Beragam kegiatan yang diselenggarakan Yayasan Kiwari merupakan wujud implementasi dalam rangka menumbuhkan kepercayaan diri pada anak,” ungkapnya.

Ustaz Sakirin menyerahkan piala kepada sang juara (Foto: Dmr)

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan adalah santunan yatim, piatu, dan duafa; parenting dengan tema “menumbuhkan sikap percaya diri pada anak secara islami”; lomba-lomba islami; zikir dan doa bersama; dan bakti sosial berupa cek kesehatan untuk anak-anak yatim dan duafa.

Acara diselenggarakan di Kompleks Masjid Baiturrahman, Jln. Godean KM 15,6, No. 99, Dusun Klepu, Sendangmulyo Minggir, Sleman, DIY. Anak-anak mengikuti perlombaan dengan bahagia dan antusias, diselingi salawatan yang didendangkan anak-anak mengikuti tayangan di layar proyektor.

Bupati Sleman turut serta berpartisipasi dengan mengirimkan Piala Bupati Sleman untuk juara pertama. (Dumari)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed