oleh

Sebanyak 128 Anak KPM PKH Ikuti Sosialisasi Program Beasiswa Kuliah

-Daerah-57 views
SLEMAN, METROHEADLINE.NET
Ketua TKPK Sleman juga Wabup Sleman, Danang Maharsa (Foto: Ist)

Sebanyak 128 anak keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) mengikuti sosialisasi program beasiswa kuliah, di Ruang Sinema Universitas Amikom Yogyakarta, Rabu (20/7).  Program beasiswa ini digagas dan diprakasai oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Sleman dan merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman untuk mengentaskan kemiskinan di kabupaten ini.

Hal tersebut disampaikan Ketua TKPK Sleman, yang juga  Wakil Bupati (Wabup) Sleman, Danang Maharsa, kepada awak media di ruangan kerjanya. Ia mengatakan, anak dari keluarga yang miskin diberi motivasi dan difasilitasi untuk memperoleh pekerjaan formal.

“Harapan kami, mereka bisa mendapat penghasilan tetap yang besarnya lebih dari upah UMP. Untuk meraih apa yang mereka inginkan, maka dengan itu harus memiliki pendidikan keterampilan yang baik. Salah satu caranya dengan pendidikan yang tinggi, setidaknya jenjang diploma,” ujar Danang.

Ia menambahkan, berbekal pendidikan atau keterampilan yang bagus, diberharap mereka bisa memperoleh pekerjaan dengan penghasilan yang cukup. Dengan demikian, kelak ketika membangun rumah tangga, mereka tidak otomatis masuk kategori keluarga miskin.

Program beasiswa kuliah ini diselenggarakan Pemkab Sleman bekerja sama dengan Universitas Amikom Yogyakarta. Penerima beasiswa tersebut akan dikuliahkan secara gratis pada prodi D3 manajemen informatika (MI) dan prodi teknologi informatika (TI). Kedua prodi itu sangat besar memiliki peluang kerja.

“Saya selaku Ketua TKPK Kabupaten Sleman menyatakan bahwa program beasiswa tersebut merupakan salah satu perwujudan komitmen untuk memotong mata rantai kemiskinan, khususnya di Kabupaten Sleman,”  ungkapnya.

Menurut Wabup Sleman, cara tersebut merupakan salah satu langkah pihaknya dalam mengimplementasikan misi kelima RPJMD, yakni membangun perekonomian yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kesejahteraan sekaligus upaya menurunkan kemiskinan di Sleman.

“Dari program beasiswa ini kami berharap anak yang menerima program PKH nantinya bisa terlepas dari kemiskinan. Melalui skema kerja sama kami dengan Amikom, saya berharap nantinya mereka memiliki bekal untuk memperoleh pekerjaan dengan penghasilan tetap yang bagus,” sambungnya.

Ia juga menjelaskan, menanggulangi kemiskinan di Kabupaten Sleman harus dilakukan dengan cara bergotong-royong dan bahu-membahu semua pemangku kepentingan, baik itu OPD, akademisi, perguruan tinggi, pengusaha, maupun masyarakat secara luas. (Joni Chan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed