oleh

Qatar Foundation di Kota Metro

-Daerah-62 views
KOTA METRO, METROHEADLINE.NET

Baitulmal Al-Qoyadah Masjid Baitul Metro mengadakan sarasehan dalam rangka pendampingan BMQ berbagi akses dana hibah yang bersumber dari mitra donatur luar negeri. Acara berlangsung di lingkungan Masjid Al-Qiyadah Nurul Madani Pondok Pesantren Qur’an Madani, Metro, Rabu (16/3/2022).

Ketua Yayasan Baitulmal Al Qiyadah, Ustaz Hasan, mengatakan, kegiatan ini dapat dijadikan kegiatan percontohan untuk penghimpun dana. Ia menambahkan, kegiatan ini bisa juga sebagai informasi  dalam rangka meningkatkan ikhtiar dan memaksimalkan masjid dalam melayani umat.

Para peserta sarasehan (Foto: Budi P)

“Karena itu, kami mengajak peserta sarasehan untuk serius mengikuti kegiatan agar nantinya umat merasakan manfaatnya,” ajaknya.

Dalam kesempatan sama, Joko Sudarmo, selaku Koordinator Baitulmal Al-Qiyadah, mengingatkan untuk meningkatkan fungsi rumah ibadah sebagai baitullah.

“Rumah ibadah fungsinya sebagai baitulmal dan rumah ibadah sebagai baitul Qur’an, serta rumah ibadah  fungsinya sebagai baitulmal muamalah,” katanya menyegarkan kembali.

Ia juga menegaskan, dalam mengembangkan pengelolaan dana masyarakat harus disertai dengan ikhtiar, sabar, doa, dan tawakal. Semuanya itu harus ditanamkan dalam pemahaman setiap pengurus agar mencapai hasil yang maksimal.

Ustaz Hasan menambahkan, bentuk bantuan paket hibah dari Qatar Foundation berupa paket pembuatan masjid baru, paket renovasi masjid, dan paket rintisan pondok pesantren.

“Pengumpulan dana hibah Qatar Foundation berasal dari para sekh dan pengusaha yang berasal dari donatur dari Arab Saudi dan Timur tengah lainnya. Dana hibah diberikan kepada pribadi maupun yayasan yang membutuhkan masjid maupun kegiatan sosial dan keagamaan yang lain di seluruh dunia, termasuk Indonesia,” ungkap Hasan.

Acara ini dihadiri para pengurus masjid, musala, dan yayasan yang di Provinsi Lampung. (Budi Prayitno)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed