oleh

Perpisahan Kelas 12 SMK Kusuma Bangsa Bogor Angkatan XIV Diiringi Upacara Adat Khas Sunda

BOGOR, METROHEADLINE.NET

Perpisahan dan wisuda kelas 12 merupakan agenda rutin yang dilaksanakan sekolah-sekolah di akhir tahun pelajaran. Pada masa pandemi Covid-19 acara tersebut dilaksanakan secara virtual, tetapi pada 2022 ini saat pandemi mulai melandai dan sesuai dengan aturan PPKM, acara pelepasan siswa dapat dilaksanakan di luar sekolah dengan tatap muka dengan tetap menerapkan aturan protokoler  yang berlaku.

Dilansir di salah satu media online, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Kadisdik Jawa Barat  memberi izin acara pelepasan dan wisuda dapat dilaksanakan di luar sekolah. Acara pelepasan siswa, atau paturay tineung dalam bahasa Sunda, biasanya dilakukan dengan upacara adat Sunda Ki Lengser.

Selain sebagai tanda  telah berakhirnya masa belajar kelas 12 di sekolah, pelepasan siswa dengan upacara adat Sunda Ki Lengser juga sebagai bentuk pelestarian warisan budaya lokal. Sebagaimana contoh, SMK Kusuma Bangsa Bogor melaksanakan acara perpisahan kelas 12 angkatan XIV yang dilaksanakan di Bale Pakuan Hotel Pajajaran BNR Kota Bogor, Kamis (9/6).

Kepala SMK Kusuma Bangsa Bogor, Idris, S.Kom., menjelaskan, lulusan angkatan XIV ini adalah  angkatan yang istimewa karena setelah pandemi Covid-19 mereda baru bisa melaksanakan pertemuan tatap muka (PTM).  Kemudian, acara pelepasan angkatan ini bisa dilaksanakan dengan tetap menerapkan prokes dan aturan PPKM.

“Kami mengundang seluruh siswa kelas 12 yang akan kita lepas sejumlah 150 siswa tahun ajaran 2021-2022 sebagai  angkatan XIV dengan upacara adat Sunda berlangsung semarak, khidmat, dan penuh suasana haru,” jelas Idris.

Tiga tahun yang lalu mereka diterima di SMK Kusuma Bangsa, katanya menambahkan, tiga tahun sudah melaksanakan pendidikan dan proses pembelajaran,  tidak terasa sampailah pada detik-detik perpisahan ini.

“Sebagaimana tema acara perpisahan ini, yakni Melangkah Menggapai Prestasi Atas Ridho Illahi, semoga apa yang diperoleh selama menjalani pendidikan bisa mereka lanjutkan dan aplikasikan. Kami berharap alumni angkatan XIV lebih baik di kemudian hari, menjadi orang terbaik, dan dapat menggapai cita-cita,” harapnya.

Acara pelepasan dibuka dengan penampilan Ki Lengser menyambut dan membawa perwakilan siswa (raja dan ratu sebagai siswa lulusan terbaik) yang akan dilepas oleh Kepala SMK Kusuma Bangsa Bogor untuk dikembalikan kepada orangtua.

Kemudian dilanjut dengan pengalungan medali tanda kelulusan bagi seluruh siswa kelas 12. Selain itu, juga  penghargaan dan cendera mata diberikan kepada siswa-siswi lulusan terbaik Angkatan XIV, yaitu Ernawati (kelas 12 OTKP) dan Muhammad Chandra (kelas 12 BDP).

Juga cendera mata diberikan oleh siswa kepada kepala sekolah, waka kurikulum, pembina OSIS, dan wali kelas 12.

Keharuan para siswa begitu membuncah saat menyaksikan tayangan slide dan video masa-masa sekolah di SMK Kusuma Bangsa. Cerita di sekolah telah berakhir, canda senyum tawa, dan cinta menjadi kenangan manis yang tak bisa dilupakan.

Acara diramu dengan apik oleh panitia sehingga tidak monoton, diselingi dengan berbagai hiburan  tarian dan lagu juga doorprize yang ditunggu-tunggu seluruh hadirin.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Yayasan Kusuma Bangsa, Tatang Sutisna, Kepala SMK Kusuma Bangsa Bogor, Idris, S.Kom., Kepala SMP Kusuma Bangsa, Urip Saripudin, serta para guru dan undangan lainnya. (Darmawan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed