oleh

Pemkab Sleman Terus Dorong Modernisasi dan Digitalisasi Koperasi

-Daerah-40 views
SLEMAN, METROHEADLINE.NET

Memperingati puncak Hari Koperasi ke-75, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Sleman, mengadakan workshop di Hotel Alamat, Jln. Palagan Tentara Pelajar, Selasa (2/7). Workshop yang mengangkat tema “Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan” ini dibuka oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo (KSP).

Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman, Haris Martapa, mengatakan, pihaknya terus mendorong terwujudnya modernisasi dan digitalisasi koperasi. Hal ini sesuai dengan program dari Kementerian Koperasi dan UKM RI. Tidak hanya digitalisasi hulu ke hilir, tetapi juga digitalisasi dalam administrasi koperasi dan proses rekruitmen anggota, pengurus, pengawas, dan pengelola koperasi.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo (Foto: Ist)

“Di Kabupaten Sleman, koperasi modern dan koperasi digital masing-masing terdapat satu koperasi, yaitu Koperasi Peternakan Sarono Makmur dan Koperasi Sasuka Online Indonesia. Beberapa usulan rintisan koperasi modern telah diajukan ke Kementerian Koperasi dan UKM RI. Diharapkan modernisasi dan digitalisasi koperasi juga dapat menarik minat anak-anak muda dan generasi milenial untuk ikut berkoperasi,” kata Haris menjelaskan.

Dikatakan pula, dalam rangka peringatan Hari Koperasi ke-75 ini, Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman juga menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan lainnya, di antaranya penilaian koperasi berprestasi yang dilaksanakan terhadap empat jenis koperasi, yaitu koperasi jasa, konsumen, pemasaran, dan produsen.

Selain itu, juga diadakan lomba paduan suara antargerakan koperasi, lomba cerdas cermat antar-SLTP, dan antar-SLTA. Lalu digelar pula workshop kelembagaan koperasi dengan “Tema Digitalisasi Koperasi untuk Penguatan Kelembagaan”. Kemudian workshop pengawasan koperasi dengan tema “Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan Menuju Koperasi yang Sehat dan Akuntabel”.

Kepala Dinas Koperasi UKM Sleman, Haris Martapa (Foto: Ist)

Pada kesempatan tersebut, Bupati KSP mengatakan, perkembangan perekonomian dan era digital semakin luas menjangkau seluruh aspek kehidupan masyarakat seperti saat ini. Karenanya, diharapkan koperasi mampu menjawab tantangan perkembangan zaman dengan melakukan berbagai inovasi. Hal ini dinilai penting guna menampilkan wajah koperasi yang lebih modern, adaptif, dan kreatif.

“Dengan upaya modernisasi, maka koperasi akan mampu menghadapi tantangan-tantangan baru sehingga dapat tercipta ekonomi yang berkelanjutan,” kata KSP. (Joni Chan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed