oleh

Pakar Lingkungan: Pemerintah Harus Serius Siapkan Pengganti Sumber Energi yang Ramah Lingkungan

-Daerah-45 views
SLEMAN, METROHEADLINE.NET

Penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite, Solar, dan Pertamax menjadi pemicu agar pemerintah segera mengalihkan sumber energi dari fossil fuel ke sumber yang lebih ramah lingkungan.

Demikian dikatakan pakar lingkungan ITB, Ahmad Sjarmidi, Minggu (4/9).

”Sekarang ini masyarakat tak punya pilihan selain menerima kebijakan itu,” ujarnya kepada  Metroheadline.net, di Sleman.

Mudah-mudahan, katanya melanjutkan, penghapusan itu bertujuan untuk memperbaiki kualitas bahan bakar dan mengurangi emisi karbon. ”Indonesia punya kesepakatan internasional terkait dengan emisi karbon,” katanya.

Sektor energi saat ini tengah mengalami masa transisi. Dunia mulai beramai-ramai berencana meninggalkan energi fosil dan beralih ke energi baru terbarukan (EBT). Di sektor transportasi, penggunaan bahan bakar fosil mulai ditekan dengan beralih ke mobil listrik.

”Nah persoalannya, apakah selama ini pemerintah sudah menyosialisasikan hal ini kepada masyarakat?” katanya.

Masalah BBM ini, menurut dia, sudah berlangsung sejak zaman Presiden Soekarno, Soeharto, hingga Susilo Bambang Yudhoyono.

”Ini akan terulang terus kalau pemerintah tidak serius menyiapkan pengganti sumber energi yang ramah lingkungan. Beberapa negara, termasuk Jepang, sudah melakukannya, sekarang tinggal Indonesia,” katanya. (Joni Chan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed