oleh

Melalui Film, Kemendikbud Sosialisasikan Nilai Budaya Bangsa

-Pendidikan-105 views

Garut, MetroHeadline.net – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mensosialisasikan nilai-nilai budaya bangsa yang harus dijaga oleh seluruh elemen masyarakat melalui kegiatan nonton bersama film layar lebar di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

“Film ini sangat penting bagi masyarakat karena media ini sangat cepat direspon dan sangat mudah dipahami masyarakat apalagi di dalam film ada nilai-nilai budaya, edukasi dan pesan-pesan moralnya,” kata Koordinator Kelompok Kerja Apresiasi dan Literasi Film pada Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru Kemendikbud Edi Suwardi seperti dilansir Antara di Garut, Senin.

Ia menuturkan Kemendikbud saat ini mengagendakan dua acara nonton film layar lebar bersama di lapangan terbuka yakni di Desa Sukamenak, Kecamatan Tarogong Kidul pada Minggu (25/4), dan Desa Sirnajaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Senin.

Agenda rutin Kemendikbud itu, kata dia, dalam rangka memberikan hiburan tontonan film karya anak bangsa yang berkualitas bagi masyarakat di Kabupaten Garut, sehingga nanti terjaga kearifan dan nilai-nilai budaya bangsa seperti saling menghormati, menghargai, dan gotong royong.

“Tugas kita (Kemendikbud) bagaimana meningkatkan apresiasi, memberikan penyadaran, dan masyarakat bisa menyeleksi mana yang baik dan mana yang buruknya,” kata Edi.

Ia berharap melalui penayangan film maka orang bisa mengenal berbagai keragaman budaya, maupun kehidupan manusia yang dapat menjadi tuntunan bagi masyarakat.

“Tidak hanya sekadar hiburan atau tontonan tapi ada tuntunan, ada pesan-pesan moralnya,” kata Edi.

Ia menyampaikan mengedukasi masyarakat tidak hanya dilaksanakan pemerintah melalui kegiatan nonton film, melainkan harus bersinergi dengan semua pihak seperti yang saat ini sudah berjalan dengan anggota DPR RI, dan masyarakat.

“Tentunya berjalan sinergi agar bisa membangun ekosistem film di Indonesia, bisa membangun kearifan lokal, film itu sendiri adalah karya yang memang ada identitas diri bangsa,” katanya.

Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah mendukung program nonton film layar lebar bersama yang diselenggarakan Kemendikbud di daerah, salah satunya yang sering digelar di Kabupaten Garut.

Menurut dia upaya menjaga budaya dan jati diri bangsa Indonesia harus dilakukan secara bersinergi dan berkelanjutan dengan berbagai kegiatan salah satunya nonton film karya anak bangsa yang memiliki pesan-pesan moral.

“Bicara budaya dengan penayangan film nasional adalah bagian yang tidak boleh putus-putus harus secara masif dan terus menerus untuk bicara tentang budaya melalui film,” katanya. (DBS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed