oleh

Korban Banjir Bandang 2020 Terima Dana Bantuan Stimulan dari Pemkab Lebak

-Daerah-87 views
LEBAK, METROHEADLINE.NET

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, menyerahkan bantuan stimulan perbaikan rumah bagi para korban bencana alam banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Lebak pada 2020 lalu. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, di Kantor Kecamatan Cipanas, Kamis (10/3/2022).

Pemulihan dan pembangunan rumah terdampak pascabencana alam tersebut sudah menjadi komitmen Pemkab Lebak untuk senantiasa melakukan perlindungan dalam lingkup pengelolaan bencana yang efektif dan efisien.

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya (Foto: Apip)

“Saya berharap dengan bantuan stimulan ini dapat meringankan beban masyarakat dan mengembalikan kondisi kebutuhan primer masyarakat terkait hunian yang lebih aman dari ancaman bencana,” ungkap Iti Octavia.

Ia menjelaskan, pemberian bantuan stimulan perbaikan rumah kepada penerima bantuan diklasifikasikan berdasarkan tingkat kerusakan rumah saat terdampak bencana. Untuk rumah dengan kategori rusak berat (RB) mendapatkan bantuan Rp50 juta, rusak sedang (RS) Rp25 juta, dan rusak ringan Rp10 juta. Total sebanyak Rp10,880 mliar diberikan kepada 605 penerima bantuan yang tersebar di lima kecamatan, yakni Kecamatan Cipanas, Kecamatan Lebakgedong, Kecamatan Curugbitung, Kecamatan Maja, dan Kecamatan Sajira.

Bupati mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu siaga guna mengantisipasi potensi dan risiko bencana, mengingat letak geografis Kabupaten Lebak yang memiliki nilai indeks resiko bencana dengan kelas risiko tinggi. (Apip)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed