oleh

Kesebatinan Tanjung Jati Adakan Acara Adat Resepsi Pernikahan

PRINGSEWU, METROHEADLINE.NET

Penyimbang adat dari Kesebatinan Tanjung Jati mengadakan acara adat resepsi pernikahan salah satu anggotanya di kediaman Fauzi di Dusun Tanjung Jati, Pekon (Desa) Sukanegeri, Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu, Lampung, Senin (29/3) lalu.

Acara pernikahanan Hendra Putra dan Tika Utami tersebut dihadiri tokoh-tokoh adat setempat, antara lain Pangiran Sakti Pat Zaini Gelakh Duwana, Makmun Salim Gelakh Teguh Batin, Efendi Alwi Gelakh Gimbakh Mas, dan Helyuspi Gelakh Khaja Darma. Kepala Pekon Tanjung Rusia, Wildan Firdaus, S.E., dan Juru Tulis Pekon Sukanegeri, Supriyadi, S.Sos., juga tampak bersama para tokoh adat dan tokoh agama, serta tamu undangan lainnya.

Menurut tokoh adat Kesebatinan Tanjung Jati, Pangiran Sakti Pat Zaini Gelakh Duwana, acara tersebut dimaksudkan juga untuk pelestarian adat dan budaya Lampung Pesisir.

“Adat istiadat dan kebudayaan Lampung haruslah tertanam dalam kehidupan kita sehari-hari. Agar tidak tergerus oleh zaman, maka tetap harus dijaga dan dilestarikan,” ungkap Pat Zaini kepada Metroheadline.net di sela-sela acara.

“Sesungguhnya, dalam banyak hal, adat-istiadat Lampung bisa diteladani untuk kehidupan kita sehari-hari, seperti gotong royong, silaturahmi untuk mengeratkan hubungan kekeluargaan, bahkan dalam bidang sosial lainnya,” tambahnya.

Dalam topik yang sama, tokoh senior di Kesebatinan Tanung Jati, Efendi Alwi Gelakh Gimbakh Mas, menambahkan, acara adat ini juga dimaknai sebagai ajang saling bantu dan saling tolong antarkeluarga dalam sai batin Tanjung Jati.

Pada saat pandemi Covid-19 ini, acara resepsi pernikahan menurut tata cara adat Lampung Pesisir tersebut tetap dapat dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat. Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak adalah salah satu tindakan yang dianjurkan pemerintah pada masa pandemi Covid-19 ini. (Budi Prayitno)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed