oleh

Harapkan Bupati Turun Tangan, Jalan Menuju Desa Sukamaju Memprihatinkan

-Daerah-161 views
TELUK DALAM, METROHEADLINE.NET

Kondisi jalan dari jalan provinsi menuju Desa Lolomaya, Kecamatan Oou, terus ke Desa Sukamaju, hingga Desa Ewo, Kecamatan Lolomatua, Nias Selatan, sangat memprihatinkan. Ruas jalan tersebut hanya batu makadam dan kerikil bercampur tanah.

Demikian disampaikan Kepala Desa (Kades) Sukamaju, Asanudin Waruwu, kepada Metroheadline.net akhir Mei 2021, di kantornya, yang saat itu ditemani Ketua BPD Desa Sukamaju, Bebasi Duho.

“Ruas jalan tersebut merupakan jalan alternatif. Sangat dekat bila masyarakat dari Desa Ewo, Kecamatan Lolomatua, dan Kecamatan Hilimegai hendak ke Kota Teluk Dalam,” ungkap Kades Waruwu.

Untuk itu, lanjutnya, ia mewakili masyarakat menyampaikan keluhan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Selatan. Ia meminta Bupati Hilarius Duha memperhatikan ruas jalan itu.

Waruwu mengatakan, masyarakat di desa yang dipimpinnya itu, dan warga desa sekitarnya, berprofesi sebagai petani karet dan kapulaga. Selama ini untuk menjual hasil kebunnya mereka harus mengangkut dengan menggunakan tenaga manusia karena akses jalan yang tidak mendukung.

“Dana desa selama dua tahun terakhir ini terkuras untuk penanganan Covid-19 dan BLT, sehingga sulit bagi pemerintah desa untuk menangani jalan ini,” katanya lagi.

Menurut Kades Sukamaju itiu, masalah hibah pembebasan lahan tidak ada kendala untuk ruas jalan tersebut. Masyarakat telah menghibahkan lahannya untuk jalan. Mereka mengharapkan pembangunan jalan itu cepat direalisasikan. (Azasi Giawa)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed