oleh

Dishub Sleman Adakan Diklat Perparkiran bagi Pengelola dan Juru Parkir

-Daerah-51 views
SLEMAN, METROHEADLINE.NET

Sebagai upaya dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) juru parkir di Sleman, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman menyelenggarakan pelatihan pengelolaan perparkiran bagi pengelola parkir di wilayah Kabupaten Sleman, di Rumah Makan Puri Mataram, Rabu (14/9). Kegiatan pelatihan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Sleman, Danang Maharsa.

Kepala Dishub Sleman, Arip Pramana, mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut melibatkan 100 juru parkir di Sleman. Seluruh pengelola parkir akan diberikan pelatihan dalam melayani masyarakat agar profesional dan memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat.

“Dalam pelatihan tersebut juga dilakukan sosialisasi mengenai keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan bagi para pengelola parkir atau juru parkir agar dapat terdaftar jaminan pekerja,” ujar Arip.

Dia menyebutkan, 536 pengelola parkir yang berada di Kabupaten Sleman, sedangkan para juru parkir yang telah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan baru sebagian, yaitu 253 orang. Berdasarkan hal tersebut, pihaknya menargetkan seluruh jumlah pengelola parkir di Sleman akan diikutsertakan dalam pelatihan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Wabup Danang Maharsa menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pelatihan pengelolaan parkir ini. Menurutnya, pelatihan ini dapat meningkatkan SDM juru parkir sehingga mampu meningkatkan profesionalitas juru parkir dalam melayani masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Danang juga menjelaskan, pengelolaan parkir menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah, pengelola perparkiran serta seluruh pengguna fasilitas jalan raya. Terlebih kondisi saat ini terdapat peningkatan populasi penduduk yang dibarengi dengan kebutuhan mobilitas masyarakat berimplikasi pada peningkatan jumlah kendaraan dan arus transportasi dengan konsekuensi kebutuhan akan fasilitas dan tempat parkir juga semakin tinggi.

Hal ini menjadi peluang sekaligus tantangan yang perlu dipecahkan bersama baik oleh Pemerintah maupun pengelola parkir agar terpenuhinya fasilitas perparkiran yang baik aman, tertib dan ramah bagi pengguna jalan.

“Dengan adanya kegiatan pelatihan pengelolaan parkir ini diharapkan dapat menciptakan pengelolaan parkir yang baik, aman, tertib dan ramah bagi pengguna jalan khususnya di Kabupaten Sleman. Saya berharap dengan pelatihan  ini maka pengelolaan parkir di Sleman dapat semakin tertib dan terhindar dari pungutan liar dan oknum tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Di tempat yang sama Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sleman, Wahyu Triasno, mengatakan, BPJS ketenagakerjaan Sleman melindungi pengelola dan juru parkir pada saat bekerja. Apabila ada kecelakaan dalam bekerja pihaknya akan menanggung biaya, sampai sembuh berapapun biayanya.

“Sndaikata Bapak dan Ibu meninggal dunia, yang mempunyai anak masih sekolah, itu pun kami tanggung biayanya sampai perguruan tinggi. Namun, yang ditanggung oleh kami hanya dua orang anak. Harapan kami dengan adanya program ini Bapak dan Ibu bisa bekerja lebih tenang,” tuturnya. (Joni Chan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed