oleh

Bupati Sleman Laksanakan Pengambilan Api Pertama Pawai Obor

-Olahraga-36 views
SLEMAN, METROHEADLINE.NET

Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) III Tahun 2022 di Kabupaten Sleman segera dimulai. Dimulainya perhelatan ini ditandai dengan pengambilan api pertama torch relay (pawai obor) di Museum Petilasan Mbah Maridjan, Cangkringan, Sabtu (20/8).

Proses pengambilan api pertama ini dilakukan secara langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, didampingi Wakil Bupati (Wabup) Sleman, Danang Maharsa. Secara estafet, obor api diserahkan kepada mantan atlet Bulu Tangkis asal Sleman, Finarsih.

Finarsih, didampingi Sleman runners dan tim Dispora, dilepas secara simbolis oleh Wabup Danang Maharsa untuk melakukan pawai obor melintasi seluruh kabupaten kota di DIY dan seluruh kapanewon di Kabupaten Sleman.

Kustini Sri Purnomo menyerahkan obor api kepada mantan atlet Bulu Tangkis asal Sleman, Finarsih (Foto: Humas)

“Pengambilan api ini menandai dimulainya rangkaian acara Porda XVI dan Peparda III DIY Tahun 2022 di Kabupaten Sleman, yang akan diselenggarakan 1 hingga 9 September 2022. Sedangkan pawai api ini adalah representasi dari partisipasi kontingen kabupaten kota se-DIY dan dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Sleman selaku tuan rumah,” kata Kustini usai menyerahkan obor api untuk di kirab.

Lebih lanjut, Kustini menuturkan, kirab obor api tersebut akan berlangsung selama tiga hari dan akan disemayamkan di Pendopo Parasamya pada hari ketiga usai prosesi kirab selesai.

“Setelah dikirab, api Merapi ini nantinya akan digunakan untuk menyalakan kaldron pada acara pembukaan di Stadion Maguwoharjo. Kaldron Api Merapi ini juga akan dinyalakan selama laga tanding Porda dan Peparda berlangsung, yang melambangkan semangat yang tak pernah padam untuk memberikan yang terbaik,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sleman, Agung Armawanta, mengatakan, pengambilan api acara Porda XVI dan Peparda III DIY Tahun 2022 ini juga disertai dengan dimulainya rangkaian lain menjelang perhelatan kedua acara tersebut.

“Bersamaan dengan pengambilan dan kirab api, diselenggarakan pula kegiatan lain sebagai rangkaian dimulainya Porda XVI dan Peparda III DIY Tahun 2022, di antaranya seminar kesehatan mental untuk atlet di pendopo parasamya, diikuti secara luring dan daring,” kata Agung menjelaskan. (Joni Chan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed