oleh

Wabup Sleman Hadiri Pergelaran Kesenian Jathilan Turonggo Mudo Arum di Dusun Tangkillan

-Daerah-26 views
SLEMAN, METROHEADLINE.NET

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menyambut baik diadakannya Pergelaran Kesenian Jathilan Turonggo Mudo Arum (TMA). Kesenian Jathilan disukai semua orang tua hingga anak-anak kecil.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Sleman, Danang Maharsa, saat menghadiri pergelaran kesenian yang diselenggarakan para pemuda di obyek wisata plesiran ndeso Dusun Tangkillan, Sidoarum, Godean, Sleman, Sabtu (17/9).

“Tadi saya melihat ada ibu yang sudah sangat tua, tetapi semangatnya untuk menonton Jathilan sungguh luar biasa. Coba kita lihat sampai saat ini, bahkan detik ini, Jathilan itu di mana-mana ada yang melihat itu adalah kelompok semua umur, mulai balita sampai simbah-simbah ada yang nonton di sini,” kata Danang.

Ia juga mengatakan, berarti ini kan suatu kebudayaan dari nenek moyang kita yang memang harus dilestarikan bersama-sama. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Dusun Tangkilan yang sudah mau memberikan hiburan kepada masyarakat. Hal yang penting, katanya menambahkan, ia melihat kanan kiri ada beberapa UMKM,  yang tentunya ini bisa meningkatkan perekonomian Dusun Tangkilan ini.

Wabup Danang Maharsa dan Sekda Sleman saksikan kesenian Jathilan (Foto: Humas)

“Mudah-mudahan kita habiskan waktu untuk menghibur rakyat sehat ekonomi yo meningkat, terhibur lewat Jathilan Turonggo Mudo Arum Tangkilan pada malam hari ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mengundang kami. Saya terus terang agak kaget tadi begitu kami masuk kok sudah ada fotoku, Pak Sekda dan Pak Untung,” katanya.

Ia mengaku tidak tahu maksudnya apa, tapi ia senang dan berharap silaturahmi ini juga bisa terjaga dengan baik dan bisa diteruskan. Dan, yang penting, tentunya yang paling utama adalah menjaga kebersamaan bersama-sama membangun Sleman menjadi sejahtera masyarakat Sleman, terutama warga Dusun Tangkilan.

Hal serupa juga disampaikan Dukuh Dusun Tangkilan, Triyono Budi Santoso, yang juga sebagai ketua pelaksana. Menurutnya, kelompok Jathilan tersebut adalah dari milik dusun Tangkilan.

“Pemuda-pemudi kami mempunyai kelompok kesenian Jathilan yang dinamakan Jathilan Turonggo Mudo Arum. Pegelaran Jathilan ini suatu budaya yang tak pernah kita lupakan. Ini suatu kesenian yang sangat merakyat dan disukai semua umur. Harapan kami nanti kesenian Jathilan ini diteruskan oleh anak-anak sebagai penerus kebudayaan kita, terutama kesenian Jathilan ini,” kata Triyono.

Ia juga berharap kesenian ini terus berkembang sampai nanti dan mengajak anak-anak yang senang dengan seni budaya Jathilan bersama-sama untuk mengembangkannya. (Joni Chan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed