oleh

Sekdes Petir Ingatkan Masyarakat Lawan Covid-19 dengan Disiplin 5M

-Daerah-107 views
KABUPATEN BOGOR, METROHEADLINE.NET

Penanganan dan pencegahan penularan Covid-19 terus dilakukan pemerintah dengan berbagai upaya sudah hampir 1 tahun melanda Indonesia.

Merujuk pada SK Bupati Bogor No.: 443/141/Kpts/Per-UU/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro dalam Rangka Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Pemerintah Desa Petir, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, terus melakukan sosialisasi. Bentuk sosialisasi berupan anjuran dan imbauan baik melalui WAG maupun spanduk, juga secara rutin melaksanakan penyemprotan disinfektan.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Desa (Sekdes) Petir, Enjang, kepada Metroheadline.net, di ruang kerjanya, Senin (22/2).

“Sebagaimana anjuran pemerintah dalam PPKM Skala Mikro, kami secara rutin melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, baik melalui media online, seperti WAG RW, WAG RT, maupun penyampaian langsung oleh kepala desa bersama Tim Satgas Covid-19 terkait penerapan disiplin Prokes 5M,” kata Sekdes Enjang.

Masyarakat, katanya menambahkan, selalu diingatkan untuk melawan Covid-19 dengan disiplin 5M, yakni selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Saat ini, sambungnya, di Desa Petir sudah tidak ada warga yang terkonfirmasi Covid-19. Sebelumnya, memang pernah ada yang terkonfirmasi (belum dinyatakan positif), tetapi setelah melakukan isolasi mandiri, semuanya telah sembuh.

“Selama menjalankan isolasi mandiri, warga setempat secara bergotong-royong memberikan bantuan sembako juga dibantu oleh pemerintahan desa,” katanya.

Pemerintah Desa Petir sudah menyiapkan 3 kamar isolasi dan lokasinya di samping Kantor Desa Petir untuk warga yang terkonfirmasi positif. Namun, ujarnya bersyukur, sampai saat ini belum pernah terisi, karena pada saat ada warga yang terpapar masih bisa isolasi mandiri di rumahnya.

“Ya, tentu selalu berkoordinasi dengan satgas covid dan puskesmas, terkait sosialisasi, pencegahan, dan penanganan Covid-19. Karena, di setiap RW ada posko Covid,” terangnya.

Program Satu Miliar

Terkait program satu miliar satu desa (Samisade), Enjang menjelaskan, Pemerintah Des Petir mengajukan program untuk pembangunan infrastruktur jalan.

“Untuk Samisade, kita mengajukan untuk infrastruktur betonisasi jalan yang menyambung ke Desa Purbasari. Panjangnya 1.050 meter dengan lebar 3 meter dan tebal 15 centimeter,” ujarnya.

Jalan tersebut sejak 2017 belum pernah diperbaiki dan kondisinya rusak berat, padahal merupakan jalan protokol yang dipergunakan masyarakat untuk beraktivitas.

“Mudah-mudahan dengan pembangunan infrastruktur betonisasi jalan, laju ekonomi masyarakat lebih menggeliat lagi. Banyak pertanian dan perkebunan di wilayah tersebut yang membutuhkan akses jalan yang baik untuk memperlancar mobilisasi pertanian dan perkebunan,” pungkasnya. (Dharmawan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed