oleh

Sekda Berharap Menjadi Titik Kebangkitan Perekonomian dan Wisata Lebak

-Daerah-78 views
LEBAK, METROHEADLINE.NET

Pada momentum libur Lebaran tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak menyelenggarakan event nasional Seba Baduy. Acara yang digelar selama 3 hari (5-7 Mei 2022) itu resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebak, Budi Santoso, di Alun-alun Rangkasbitung, Kamis (5/5). Rangkaian Seba Baduy diselenggarakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes).

Tahun ini Seba Baduy menjadi bagian dalam agenda kalender event Nusantara dengan mengusung tema “Ngarumat Budaya Pikeun Indonesia Adidaya”. Harapannya, kegiatan ini bisa menjadi ajang dalam melestarikan budaya Baduy dan menjadi bagian dalam kerangka budaya Nusantara Indonesia.

Seba Baduy merupakan upacara adat tahunan yang dimaksudkan untuk mengucapkan rasa syukur masyarakat Baduy karena telah mendapatkan hasil panen yang melimpah. Tidak hanya itu, acara ini juga sebagai momen silaturahmi dan berdialog secara dua arah antara masyarakat Baduy dengan Pemkab Lebak dan Provinsi Banten.

Budi menambahkan, rangkaian acara Seba Baduy dikemas secara apik oleh Pemkab Lebak dengan mengemas nuansa tradisional dengan kreativitas seni modern. Selain prosesi ritual Seba Baduy yang menjadi puncak acaranya, masih ada serangkaian acara lainnya, yaitu pameran ekonomi kreatif, foto dan lukisan Baduy, permainan tradisional camping ground Seba Baduy, wayang golek, bincang budaya hingga lomba foto on the spot.

Ia berpesan, masyarakat Baduy jangan sekadar menjadi tontonan, tetapi harus menjadi tuntunan.

“Setiap tahun kita melihat Seba Baduy dan hanya menonton dan berfoto tanpa mengimplementasikan tuntunan falsafah kehidupan sosial mereka, yaitu gunung teu meunang dilebur, lebak teu meunang diruksak lojor teu meunang dipotong, pondok teu meunang disambung,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Sekda Lebak juga berharap semoga acara ini menjadi titik kebangkitan perekonomian dan wisata di Kabupaten Lebak. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, para pegiat usaha ekenomi kreatif, serta seluruh stakeholder yang telah mendukung. (Apip)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed