Pemkab Sleman Laksanakan Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Lapangan Denggung

SLEMAN, METROHEADLINE.NET

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melaksanakan Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Denggung, Kamis (17/8) pagi. Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB tersebut berjalan dengan khidmat. Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, bertindak upacara pada kegiatan ini. Hadir mendampingi bupati, Wakil Bupati Sleman, Ketua DPRD Sleman, dan jajaran Forkopimda Sleman.

Pada rangkaian acara, juga dilaksanakan pemberian remisi umum dan pengurangan masa pidana remisi umum tahun 2023. Terdapat 5 narapidana Lapas Kelas II B Sleman yang menerima remisi umum 1 bulan. Prosesi penyerahan remisi dilakukan secara simbolis oleh Bupati Sleman kepada 2 perwakilan narapidana.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sleman, Kusnan, melalui keterangan resminya menyampaikan, jumlah seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas tertanggal 17 Agustus 2023 ada 333 orang. Mereka terdiri dari 219 orang yang sudah narapidana atau berkekuatan hukum tetap (inkracht) dan 214 orang masih tahanan.

“Dari data usulan remisi yang diusulkan di Lapas Kelas II B Sleman ada 69,63 % yang telah memenuhi syarat dan disetujui,” begitu keterangan yang diberikan.

Dalam pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, bertindak sebagai komandan upacara adalah Kapolsek Mlati Polresta Sleman, Kompol Martinus Griavinto Sakti. Sementara itu, Kapolsek Sleman, Kompol Supardi, sebagai perwira upacara. Sedangkan pasukan pengibar bendera pusaka merupakan gabungan siswa-siswi SMA/SMK dengan komandan paskibraka Kavindra Rafani Ahmad.

Rangkaian Peringatan HUT ke-78 RI di Kabuten Sleman juga diikuti dengan agenda menyaksikan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Lobby Kantor Setda Kabupaten Sleman.

Upacara penurunan bendera dilakuka pada sore harinya pukul 16.00 WIB. Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa. Usai upacara, Bupati dan Wakil Bupati Sleman serta jajaran forkompimda Sleman membagikan 100 bendera kepada masyarakat. (Joko Suwanto)