oleh

Pemkab Lebak Raih Predikat BB Pada SAKIP dan RB Award 2021

-Daerah-72 views
LEBAK, METROHEADLINE.NET

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebak, Budi Santoso, menghadiri acara Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota Tahun 2021, Selasa (5/4/2022). Acara yang dilangsungkan secara hidbrida (daring dan luring) itu dihadiri sekda di ruang kerja sekda lewat Zoom Meeting.

Acara yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) tersebut merupakan akhir dari rangkaian kegiatan evaluasi SAKIP dan RB. Acara seperti ini diselenggarakan Kemenpan-RB kepada instansi pemerintah dalam rangka membina dan meningkatkan kualitas pelaksanaan reformasi birokrasi dan akuntabilitas.

Dalam Evaluasi Sistem SAKIP dan RB Award 2021 tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak mendapat predikat BB. Dengan predikat ini Pemkab Lebak dipacu untuk lebih baik dalam pengelolaan akuntabilitas kinerja, terutama dalam pengelolaan penggunaan anggaran yang tepat sasaran sehingga dapat dipertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Kementerian PAN-RB, Rini Widyantini, mengatakan, implememtasi SAKIP pada instansi pemerintah juga merupakan bagian dari transformasi cara dan budaya kerja melalui penerapan manajemen kinerja sektor publik dan anggaran berbasis kinerja. Untuk itu, seluruh instansi pemerintah dituntut untuk dapat mempertanggungjawabkan dan meningkatkan kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil. Hal ini sejalan dengan sasaran prioritas pembangunan presiden dan wakil presiden, yaitu peningkatan efektivitas dan efisiensi pemerintah dengan menjamin APBN yang fokus dan tepat sasaran.

“Apresiasi yang sebesar-besarnya saya sampaikan kepada pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota yang telah konsisten melakukan bebagai perbaikan sehingga mendapatkan predikat RB SAKIP, BB, A, danĀ  AA,” ungkapnya. (Apip)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed