oleh

MGMP Fisika SMA Kab. Tanggamus Selenggarakan Workshop EBT

PRINGSEWU, METROHEADLINE.NET

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika SMA Kabupaten Tanggamus mengadakan kegiatan Workshop Pengembangan Praktikum Sederhana Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam pembelajaran fisika, Kamis hingga Jumat (28-29 Juli 2022). Workshop diselenggarakan untuk meningkatkan keterampilan guru.

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama MGMP Fisika SMA Tanggamus dengan Departemen Fisika Univertas IPB Bogor dan diprakarsai oleh Ana Armalia K. S.Si.Gr, alumni departemen tersebut sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini juga melibatkan MGMP IPA SMP Tanggamus.

Para guru fisika SMA dan IPA SMP di Kabupaten Tanggamus, serta guru-guru IPA/Fisika se-Indonesia menjadi peserta workshop ini (Foto: Budi P.)

Menurut Ana Armelia, kegiatan yang berupa workshop tersebut dilaksanakan secara daring (online) melalui aplkasi Zoom Meeting. Pesertanya adalah guru-guru fisika SMA dan guru-giri IPA SMP yang ada di Kabupaten Tanggamus dan guru-guru IPA/fisika se-Indonesia.

Selain secara daring, tambah Ana, kegiatan tersebut juga dilaksanakan secara luring (offline) atau tatap muka yang bertempat di SMAN 1 Kotaagung, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Workshop dimulai pukul 08.00 WIB dan dipandu Widia Faturohmah (MC dari IPB University).

Para peserta langsung praktik dengan bimbingan para pemakalah (Foto: Budi P.)

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua MGMP Fisika SMA Tanggamus, Ign. Pulung Dasuki, S.Pd. Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua MGMP IPA SMP Tanggamus, Syukron Fuad, S.Pd.Gr., dan sambutan ketiga disampaikan oleh Kepala Departemen Fisika IPB University sekaligus membuka acara kegiatan ini. Acara pembukaan workshop ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Zulchan Affandi, S.Pd.

Tepat pukul 09.00 WIB mulai dipaparkan materi workshop mengenai turbin angin yang disampaikan Ardian Arief, M.Si. dan dilanjutkan dengan demonstrasi praktikum oleh Firmansyah. Selanjutnya, materi kedua dan demonstrasi praktikum tentang panel surya oleh Heriyanto Syahputra, M.Si. Materi ketiga setelah istirahat Prof. Dr. Akhiruddin, M.Si. memaparkan generator mikrohidro.

Workshop diakhiri dengan penyampaian tugas mandiri yang wajib dikerjakan oleh para peserta. Tugas tersebut dikumpulkan kepada panitia berupa video/link youtube praktik “Pembuatan KIT Praktikum Sederhana Energi Terbarukan”. Tugas dapat dilaksanakan dan dikumpulkan mulai 29 Juli–4 Agustus 2022.

“Harapannya, kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan dan bermanfaat bagi guru agar dapat mengembangkan dirinya dalam kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan,” ujar Ana kepada Metroheadline.net. (Budi Prayitno)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed