oleh

Merti Kali, Wujud Rasa Syukur Masyarakat tehadap Anugerah Tuhan YME

-Daerah-50 views
SLEMAN, METROHEADLINE.NET

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menghadiri kegiatan Merti Kali Bedog yang diselenggarakan Kapanewon Gamping bersama masyarakat bertempat di Studio Banjarmili, Dusun Kradenan, Kalurahan Banyuraden, Gamping, Minggu (2/10).

Mengawali kegiatan merti kali, Bupati Sleman didampingi Panewu Gamping, Sarjono, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sleman, Ephipana, melakukan penyebaran benih ikan di Kali Bedog. Panewu Sarjono mengatakan, kegiatan merti kali adalah kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung dalam melakukan restorasi dan pelestarian sungai.

“Kegiatan ini merupakan wujud kearifan masyarakat dalam melakukan pelestarian sungai. Ada pun  kegiatannya berupa bersih-bersih kali secara gotong-royong, baik masyarakat maupun ASN di lingkungan Kapanewon Gamping, serta sarasehan merti kali,” jelasnya.

Sarjono juga menyebut, kegiatan pelestarian sungai di wilayah Gamping akan kembali diaktifkan dengan semangat kearifan masyarakat, yaitu gotong-royong sehingga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan kepedulian dalam memelihara dan melestarikan sungai.

Sementara itu, Bupati Kustini dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas terselenggaranya kegiatan Merti Kali Bedog. KLegiatan merti kali ini menjadi wujud nyata kepedulian masyarakat akan kelestarian Kali Bedog termasuk seluruh ekosistem di dalamnya.

Merti kali menjadi wujud rasa syukur masyarakat tehadap anugerah Tuhan YME atas ketersediaan sumber daya alam. Saya berharap kegiatan merti kali juga diikuti dengan komitmen seluruh masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang mengganggu dan merusak kali dan lingkungan,” ujar Kustini.

Ia juga menjelaskan, Kabupaten Sleman memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah, termasuk dalam aspek ketersediaan sumber air. Pemanfaatan sumber air pun beragam, mulai untuk kebutuhan hidup masyarakat sehari-hari hingga menjadi daya dukung utama dalam kelestarian ekosistem dan habitat disekitarnya.

Bupati berharap kegiatan merti kali dapat terselenggara rutin, tidak hanya dalam upaya menjaga kebersihan dan kelestarian kali, namun juga menjadi wahana dalam pelestarian budaya yang di dalamnya sarat akan nilai-nilai kearifan lokal. (Joni Chan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed