oleh

Malam Lebaran di Parakanbeusi Meriah dengan Meriam Karbit

-Daerah-154 views
LEBAK, METROHEADLINE.NET

Suara dentuman keras seperti perang menjadi suguhan menarik yang mewarnai pesta rakyat di Desa Parakanbeusi, Kecamatan Bojongmanik, Lebak, Banten. Tradisi tahunan menyambut Hari Raya Idul Fitri ini menjadi “suatu kewajiban” yang selalu dilakukan selama puluhan tahun hingga saat ini masih dilestarikan.

Robi, selaku ketua pemuda, menjelaskan meriam yang digunakan diameternya mencapai 50 cm dengan panjang mencapai 7-10 meter. Meriam terbuat dari batang pohon aren itu menggunakan amunisi karbit. “Perang” meriam karbit ini dilakukan warga di pinggir persawahan selama malam takbiran kemarin Minggu malam hingga Senin (2/5).

Ia menjelaskan bahwa partisipasi memeriahkan Malam Takbiran itu dilakukan secara sukarela dan swadaya oleh warga desa, tertama para pemuda. Mereka mengumpulkan dana untuk membuat meriam karbit dan membuatnya secara bersama-sama pula. Karena itu, tradisi meriam karbit ini terus dilestarikan karena juga menjadi hiburan turun-temurun bagi masyarakat setempat.

“Maksud dan tujuan meriam karbit ini selain untuk memeriahkan Idul Fitri, juga menjadi ajang untuk mempererat persatuan pemuda di desa kami,” pungkas Robi. (Apip)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed