oleh

Desa Parakan Ajukan Pengaspalan Jalan Desa dalam Program Samisade

-Daerah-68 views
KABUPATEN BOGOR, METROHEADLINE.NET

Desa Parakan, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, mengajukan pengaspalan jalan lingkungan dalam program “Satu Miliar untuk Satu Desa (Samisade)”.

Demikian diungkapkan Kepala Desa (Kades) Parakan, Itoh Masitoh, kepada Metroheadline.net di ruang kerjanya, Senin (22/2).

“Untuk Samisade, kami mengajukan pengaspalan jalan di 3 titik, yang meliputi 3 RW. Panjangnya lebih dari 1.000 meter, lebar 3 meter, dengan ketebalan 15 centimeter,” ucap Itoh.

Sebagaimana diketahui Program Samisade untuk Desa Membangun salah satunya adalah pembangunan jalan desa. Pemdes Parakan lebih memilih pengaspalam jalan karena jalan yang diajukan untuk pengaspalan itu merupakan akses yang sangat dibutuhkan warga. Pengaspalan jalan tersebut dapat memperlancar mobilisasi warga yang mayoritas perajin sepatu dan sandal.

“Ya kita ajukan untuk pengaspalan jalan saja untuk Samisade tahun ini. Mudah-mudahan cepat terealisasi. Dengan jalan yang bagus tentu akan memperlancar usaha warga hingga berdampak pada peningkatan ekonomi,” jelasnya.

Di sisi lain terkait PPKM Skala Mikro dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, ia menyampaikan, Pemerintah Desa Parakan terus gencar melakukan sosialisasi, baik melalui RT maupun ketika kades turun kelapangan bersama Tim Satgas Covid. Di setiap RT dibangun posko.

“Intinya, kami selalu ingatkan warga untuk terus disiplin menerapkan 5M. Di mana pun saat saya turun ke masyaralat, selalu saya ingatkan,” tegasnya.

Diakui Itoh, saat ini ada 3 warganya yang dinyatakan reaktif dan sedang melakukan isolasi mandiri. Pernah ada warganya yang terpapar dan dinyatakan positif, namun kini telah dinyatakan sembuh.

“Alhamdulillah, selama menjalankan isolasi mandiri, masyarakat di sekitarnya sangat peduli dengan membantu memberikan sembako,” ucapnya.

Ia melanjutkan, selain terus mengingatkan selalu disiplin menjalankan 5M, pihaknya juga secara rutin melaksanakan penyemprotan disinfektan.

“Bahkan belum lama ini, di wilayah Desa Parakan bersama dengan camat, kapolsek, dan Tim Gugus Tugas Covid-19 melaksanakan razia masker. Kami berikan masker sekaligus teguran dan edukasi kepada masyarakat yang masih membandel tidak memakai masker,” ujarnya.

Ia berharap, adanya PPKM ini bisa mengurangi penyebaran korona, bahkan memutus rantai penyebaran penyakit yang mematikan ini di wilayah Desa Parakan.

“Sering saya ingatkan kepada masyarakat pentingnya memakai masker di saat ini. Masyarakat harus lebih sadar terhadap kesehatan untuk dirinya dan untuk orang di sekitarnya. Intinya seperti itu,” pungkasnya. (Dharmawan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed