oleh

Datuk Ismail Amir, S.H., M.H.: Laskar Melayu Bersatu akan Memperjuangkan Hak Daerah

-Daerah-145 views
SIAK SRI INDRAPURA, METROHEADLINE.NET

Pelantikan DPP Laskar Melayu Bersatu (LMB) Riau Kepri, yang insyaallah pada 25 Februari 2021, tinggal menghitung hari.

“Datuk Panglima Besar Letjen TNI (Purn) H. Syarwan Hamid yang akan melantik langsung,” ungkap Datuk Panglima Harian LMB Riau Kepri, Ismail Amir, S.H., M.H., Sabtu (20/2).

LMB Riau Kepri selalu semangat memperjuangkan hak daerah (Foto: Ujang)

Ismail mengatakan, pembentukan LMB ini tidak hanya sampai kabupaten kota, tetapi hingga ke tingkat batin.

“Lembaga ini tidak hanya kami kembangkan di Riau, tapi juga di seluruh dunia.Kita hadir untuk bergandengan tangan membangun bersama,” ujarnya.

Datuk Ismail, begitu ia disapa, juga menjelaskan LMB Riau Kepri merupakan lembaga yang memperjuangkan hak daerah yang berbeda dengan Lembaga Adat Melayu (LAM).

“Kami berbeda dengan Lembaga Adat Melayu. Fungsi tugas kita berbeda. Kalau LAM itu mengurus adat, masalah ulayat, atau kebudayaan. Kalau kami lebih pada memperjuangkan hak daerah. Menjadi tuan di negeri sendiri, bagaimana anak-anak Melayu mendapat tempat di perusahaan yang berada di daerah kita,” sebutnya.

Disampaikannya, perusahaan yang datang ke Riau harus mematuhi Perda yang ada.

“Untuk itu, kehadiran kami ini salah satunya adalah mengontrol hal tersebut. Kita akan kontrol apakah Perda yang sudah disahkan itu berjalan. Karena, kami lihat Perda yang dibuat banyak yang mandul. Untuk itu, kita akan melakukan kontrol,” katanya dengan nada tegas.

Selain itu, sambungnya, pihaknya juga menjadikan kaum pendatang menjadi orang Melayu. Karena, selaras dengan pepatah “di mana bumi dipijak di sana langit dijunjung”.

Laskar Melayu Bersatu, di mana bumi dipijak di sana langit dijunjung (Foto: Ujang)

“Seiring berjalan, nantinya LMB juga akan membentuk PT, koperasi, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan yayasan. Bahkan, kita juga nantinya akan buat media skala nasional karena kita perlu publikasi. Tujuan kita dengan program-program tersebut adalah untuk membangkitkan hak anak Melayu. Kita bermitra dengan perusahaan, itu boleh, karena tujuan kita memang untuk kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, ketua panitia acara pelantikan Juprizal mengatakan, pelantikan nantinya akan dihadiri oleh perwakilan dari para panglima muda atau ketua DPD LMB dari seluruh kabupaten/kota di Riau. Selain itu, juga akan dihadiri oleh panglima bungsu dari kecamatan.

“Insyaallah akan dihadiri sekitar 300 orang. Namun, tentunya, protokol kesehatan akan tetap kita terapkan. Mulai dari pengecakan suhu tubuh, memakai masker, hingga menjaga jarak,” ujar Juprizal.

Dikatakannya, seandainya saja kondisi saat ini tidak sedang pandemi Covid-19, mungkin acara tidak dilakukan di hotel, namun di Bandar Serai dengan menghadirkan 5.000 massa.

“Namun, mengingat Covid-19, acara akan kita lakukan di Hotel Pangeran dengan jumlah undangan yang lebih sedikit dan tentunya tetap dengan protokol kesehatan ketat,” tutupnya. (Ujang K.)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed