oleh

Bupati Sleman: Festival Karangnongko Harus Dilestarikan

-Daerah-30 views
SLEMAN, METROHEADLINE.NET

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menghadiri Karangnongko Festival dan Gelar Budaya di Sanggrahan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Sabtu (3/9). Hadir pula pada acara tersebut anggota DPD RI, G.K.R. Hemas, dan pakar hukum tata negara, Irman Putra Sidik.

Panewu Depok, Wawan Widiantoro, melaporkan, kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun ini berlangsung selama 10 hari, yakni 1 – 10 September 2022. Kegiatan ini dimeriahkan dengan berbagai acara, seperti merti dusun, tari baduy, kesenian jathilan, dan ditutup dengan pentas wayang kulit dan kirab gunungan.

Kustini mengapresiasi Karangnongko Festival yang rutin diadakan setiap tahun ini. Kegiatan tersebut merupakan wujud kecintaan masyarakat terhadap budaya lokal. Diharapkan pula kegiatan seperti ini untuk terus dilestarikan, tidak hanya di Karangnongko, tapi juga di seluruh wilayah di Kabupaten Sleman.

G.K.R. Hemas dan Bupati Sleman bersama peserta (Foto: Humas)

“Dengan adanya kegiatan seperti ini akan dapat memupuk rasa gotong-royong, guyub-rukun, dan toleransi di antara masyarakat,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, G.K.R. Hemas, menyebutkan, kegiatan kebudayaan di DIY harus terus dilestarikan. Sebab, kegiatan kebudayaan merupakan kekuatan yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat DIY. Jika kebudayaan masyarakat DIY kuat, maka masyarakat akan semakin solid dan tidak mudah dipecah-belah.

“Kebudayaan penting sekali karena merupakan jati diri bangsa,” jelasnya.

Ia juga berharap kegiatan Karangnongko Festival ini tidak hanya seremonial, tapi harus bisa menjadi sarana mempersatukan serta menumbuhkan toleransi di tengah masyarakat. (Joni Chan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed