Buka Puasa Bersama Jajaran DPD IWOI Sleman Dihadiri Ketua DPW IWOI DIY

KABUPATEN SLEMAN, METROHEADLINE.NET

Jajaran Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWOI) Kabupaten Sleman menggelar acara Buka Puasa Bersama di Sekretariat DPD IWOI Sleman, Jalan Tunjung Baru No. 8, Baciro, Yogyakarta, Jumat (22/3) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPW IWOI DIY, Anton Nur Cahyono, didampingi sekretaris dan tim, juga hadir pengawas Prof. Dr. Djagal W. Marseno, para penasihat, Dr. Haryadi Baskoro dan Purdiyanto, ketua dan Pengurus DPD IWOI Sleman.

Acara berlangsung dalam suasana sederhana dan santai. Wakil Ketua DPD IWOI Sleman, Suharmanto, memulai acara dengan memanjatkan doa, dilanjutkan Ketua DPD IWOI Sleman, Yupiter Ome, menyampaikan ucapan terima kasih kepada hadirin. Yupiter memperkenalkan dewan pengawas dan dewan penasihat dan rencana perubahan SK pengurus, sekaligus laporan singkat progres DPD IWOI Sleman periode November 2023 – Maret 2024.

Ia menjelaskan program lanjutan akan dilaksanakan April-Juni 2024, program kerja sama  dengan berbagai stakeholder dari perguruan tinggi dan lembaga (FKKI, Forhanas, UGM, UAJY, Universitas Mahakarya Asia, dan Hipmi Peduli Sleman), menyangkut aspek training media kepada anggota IWOI, program UMKM, kerja sama pemberitaan media dan lanjutan progran sinergisitas dengan OPD di lingkungan Pemkab Sleman.

Sementara itu, Ketua DPW IWOI DIY, Anton Nur Cahyono, mengapresiasi capaian progres yang sudah berjalan baik yang dilakukan IWOI Sleman. Ia berharap seluruh anggota terus menjaga kekompakan, profesionalisme, dan mewaspadai para pihak/oknum yang ingin merusak organisasi IWOI yang trennya semakin positif dari waktu-kewaktu.

Selain itu, Anton juga mengajak para pengurus IWOI Sleman untuk mempersiapkan diri akan adanya beberapa program DPP IWOI yang sedang dipersiapkan untuk dilaksanakan dalam tahun ini, di antaranya Munas ke-2 IWOI di Lampung, peletakan prasasti IWOI di IKN, verifikasi Dewan Pers, haul di Makam Raden Ronggo Warsito, Klaten, dan spesial program penulisan buku Profil IWOI oleh Dr. Haryadi Baskoro bersama tim yang rencananya di-launching Ketua DPP IWOI pada Oktober 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Djagal W. Marseno, juga bahwa media adalah pilar keempat demokrasi. Ia berharap media terus mengawal republik ini.

Lebih lanjut, Ketua Forhanas Lemhanas  itu mengatakan, berdasarkan kajian nasional maupun internasional, posisi Indonesia  berada pada posisi lampu kuning. Kalau tidak dijaga dengan baik, akan pecah seperti yang terjadi di negara-negara Balkan.

“Untuk itu, IWOI harus diperkuat untuk mengawal program-program dan terus waspada terhadap musuh dalam selimut. Media bila salah digunakan akan menjadi sumber masalah. Kita tahu bahwa negara-negara yang sedang kisruh saat ini karena hoaks. Maka, personel media anggota IWOI harus dipersiapkan menjadi profesional, tangguh, dan disegani,” pungkasnya.

Untuk penulisan Profil IWOI dan Profil Raden Ronggo Warsito, Haryadi Baskoro akan menggordini dan mempersiapkan bersama tim. Haryadi mengatakan, dalam persiapan awal akan segera disusun draf program kajian yang akan melibatkan berbaga pihak, pakar sejarah, budayawan, peneliti, dan praktisi dari UGM. Formatnya berupa focus group discussion (FGD) untuk mengkaji lebih dalam dan mendapat masukan-masukan. Ia mengharapkan Ketum DPP IWOI menjadi salah satu pembicara kunci dan kegiatan tersebut. (Joko Suwanto)