oleh

Bapelitbangda Lebak Gelar Rapat Forum Lintas Perangkat Daerah

-Daerah-136 views
LEBAK, METROHEADLINE.NET

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), menggelar rapat forum lintas perangkat daerah dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lebak Tahun 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dan dibuka secara langsung oleh Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, Rabu (3/3).

Dalam sambutannya, Bupati Lebak menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No.17/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2021 dalam Mendukung Penanganan Pandemi Covid-19 dan dampaknya, maka setiap daerah diwajibkan mengalokasikan 8% dari dana alokasi umum untuk dukungan pendanaan belanja kesehatan penanganan pandemi Covid-19.

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, menghadirj rapat forum lintas perangkat daerah secara virtual (Foto: Humas)

Iti melanjutkan, selain itu, pemerintah juga diwajibkan mengalokasikan 25% untuk program pemulihan ekonomi daerah yang terkait dengan percepatan penyediaan sarana dan prasarana layanan publik dan ekonomi dalam rangka meningkatkan kesempatan kerja, mengurangi kemiskinan, dan mengurangi kesenjangan penyediaan layanan publik antardaerah, termasuk pembangunan sumber daya manusia dukungan pendidikan.

Forum lintas perangkat daerah ini, katanya, merupakan forum yang strategis sebagai sarana sinkronisasi kebijakan pembangunan tematik, yang lebih operasional yang akan dilaksanakan pada 2022.

“Sesuai dengan arahan kebijakan pusat dan provinsi, poin-poin utama pembangunan diarahkan untuk pemulihan ekonomi. Untuk itu, saya meminta kepada seluruh kepala perangkat daerah untuk memastikan aktivitas dan lokasi subkegiatan dapat sinergis antarperangkat daerah,” tegasnya.

Dalam pada itu, Kepala Bapelitbangda Lebak, Virgojanti, menyampaikan, tujuan dari kegiatan lintas perangkat daerah ini adalah melakukan upaya sinkronisasi terhadap kebijakan pembangunan tematik yang sudah ada di dalam RPJMD tahun 2019-2023 dan merupakan bentuk dari pada subtanting untuk pelaksanaan perencanaan anggaran tahun 2022. (Apip)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed