oleh

Akan Diresmikan Anies Baswedan, Walikota Jakarta Timur Tinjau Persiapan Kampung Gembrong

Foto: Istimewa

Jakarta, Metroheadline.net – Revitalisasi kawasan perkampungan Pasar Gembrong menjadi Kampung Gembira Gembrong, di RW 01, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, hampir rampung.

Rencananya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan meresmikan 138 rumah korban kebakaran Pasar Gembrong yang telah direvitalisasi itu pada 3 Oktober 2022 atau sebelum masa jabatannya berakhir.

Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria akan berakhir masa jabatannya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022.

“Kita harapkan bisa tuntas semuanya (pengerjaan). Mudah-mudahan hari Senin (3 Oktober 2022) bisa diresmikan oleh Pak Gubernur,” kata Wali Kota Jakarta Timur M Anwar seusai melakukan peninjauan di Kawasan Kampung Gembrong, Jakarta Timur, Jumat (30/9/2022).

Anwar mengatakan, terdapat perubahan waktu peresmian revitalisasi karena ada kendala sarana dan prasarana seperti jalan, saluran, taman, hingga rumah yang masih dalam proses penyelesaian.

Diharapkan, warga korban kebakaran Pasar Gembrong dapat merubah pola hidup lama mereka setelah menempati hunian baru yang lebih bersih, sehat sesuai konsep revitalisasi.

“Harus ada aturan di situ, harus ada kedisiplinan. Karena pada saat mereka ditampung di Rusun CBU mereka diedukasi, diberi pembinaan, pemberdayaan oleh UKPD terkait,” ujarnya.

Kasudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Wawan Kurniawan saat ditemui awak media mengaku instalasi saluran air untuk setiap rumah di Kampung Gembira Gembrong sesuai target sudah terpasang dan berfungsi dengan baik.

“Yang pasti tadi instalasi saluran air di tiap rumah kita pastikan berjalan dengan baik tanpa ada kendala. Jadi tinggal merapikan saja, kami ada waktu 2 hari ini (Sabtu-Minggu) sampai semuanya selesai,” tuturnya.

Sementara itu, Yongki Ketua RW 01 Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta berharap warganya bisa segera menempati rumahnya, dan  kembali beraktifitas seperti semula.

“Alhamdulilah, Insya Allah kita bersama-sama berikrar untuk menjadi warga negara dan warga ibukota Jakarta yang baik, serta kehidupan yang lebih baik lagi,” ujarnya.

“Alhamdulilah sangat memuaskan dan benar-benar kami sangat diperhatikan oleh Pemerintah Daerah kami. Mulai dari listrik, air, tempat PAUD, dan Insya Allah tempat ibadah yakni mesjid  akan dibangun kembali,” imbuh Yongki menambahkan.

Permukiman warga RW 01 Pasar Gembrong di dilanda kebakaran hebat yang mengakibatkan 400 bangunan terdampak, pada Minggu (24/4/2022) sekira pukul 21.06 WIB.

Warga korban kebakaran Pasar Gembrong sempat mengungsi di tenda darurat dekat lokasi, hingga pada akhir bulan Mei 2022 lalu mereka direlokasi sementara ke Rusun CBU untuk proses revitalisasi.

Dalam revitalisasi ini, sebanyak 138 rumah warga korban kebakaran Pasar Gembrong yang memiliki legalitas dibangun ulang menggunakan anggaran Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta.(Mul/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed