by

dr. HM. Zairullah Azhar Sang Legendaris Sosok Bupati Yang Dirindukan Rakyat Tanah Bumbu

-Politik-234 views

Jakarta,Metroheadline.net – Sederhana, supel, tegas, bersahaja dan religius, itulah sifat yang melekat pada diri dr. HM. Zairullah Azhar, M.Sc, anggota DPR RI Komisi VII, dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Meski baru memasuki usia paruh baya, namun dr. HM. Zairullah Azhar, memiliki visi ke depan, membangun Kabupaten Tanah Bumbu ke arah yang lebih baik, sebagai Kabupaten yang unggul, mandiri, religius dan demokratis.

HM. Zairullah Azhar mengawali karir di pemerintahan dari bawah, begitu pula dengan karir politiknya. Selain dikenal santun dan dekat dengan berbagai kalangan, sosok rendah hati ini, dalam perjalanan karirnya terus menorehkan sejumlah prestasi, hingga pada akhirnya mengantarkannya menjadi orang nomor satu di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Terkait keberhasilannya, Zairullah mengungkapkan, bahwa pengabdian kepada masyarakat yang tulus dan disiplin menegakkan aturan merupakan kunci.

“ Kunci keberhasilan adalah disiplin, karena disiplin memastikan semua aturan, kebijakan dan kesepakatan dilaksanakan dengan penuh dedikasi dan motivasi tinggi. Disiplin mengutamakan ketegasan prinsip dan akuntabilitas yang memadai,” kata HM. Zairullah.

Sukses dalam pandangan Zairullah, adalah buah dari kerja keras dan disiplin yang menjadi prinsipnya selama ini, sehingga mengantarkannya sebagai Bupati Tanah Bumbu. Selain itu sangatlah penting adalah pendekatan kepada masyarakat, restu kedua orang tua, dan tak putus untuk selalu mendekatkan diri pada Alloh SWT, Sang Pemilik Kehidupan ini.

Dikatakan Zairullah, seorang pemimpin harus memiliki leadership skill dengan baik, karena memegang peranan penting dalam sebuah manajemen kepemimpinan, bisa menginspirasi orang lain untuk mengimplementasikan program kerja yang telah ditetapkan.

Karena kemampuannya dalam membangun Kabupaten Tanah Bumbu, saat menjadi Bupati, masyarakat kembali merindukannya, agar Zairullah kembali memimpin dan mengabdikan dirinya agar Kabupaten Tanah Bumbu menjadi Kabupaten yang maju, unggul, mandiri,religius dan demokratis, sebagaimana tertuang dalam visi misi calon bupati dan wakil bupati Tanah Bumbu periode 2020-2024.

Sebagai pemimpin, Zairullah tidak pernah membeda-membedakan dalam hal pelayanan, dan menyadari sepenuhnya bahwa jabatan adalah amanah yang harus dipertanggung jawabkan, serta dilaksanakan sebaik-baiknya untuk melayani masyarakat bukan malah sebaliknya minta dilayani.

Menyadari Kabupaten Tanah Bumbu memiliki banyak potensi-potensi ekonomi yang harus ditata ulang, Zairullah, melakukan terobosan dengan membangun konsep perekonomian terpadu dan strategis sehingga masyarakat menerima manfaat dari pertumbuhan ekonomi, dan memperkecil kesenjangan.

Masyarakat yang belum produktif dibangun agar menjadi produktif dengan berbagai kebijakan yang berpihak kepada mereka. Tujuannya agar perekonomian masyarakat tumbuh lebih cepat. Dan pada gilirannya masyarakat yang menggerakkan perekonomian lebih banyak. Masyarakat yang sebelumnya tidak produktif dan tidak membayar pajak, bisa menjadi produktif dan menjadi pembayar pajak, dan lapangan pekerjaan semakin terbuka.

Menurut Zairullah, tanpa mengubah strategi ekonomi, Kabupaten Tanah Bumbu akan sulit menjadi daerah maju. Dengan membangun masyarakat menjadi produktif, Kabupaten Tanah Bumbu akan lebih cepat menjadi daerah maju. Dan dampak positifnya masyarakat bisa merasakan langsung dari capaian kinerja atas hasil-hasil pembangunan.

“ Mensejahterakan rakyat adalah kewajiban seorang pemimpin. Pemimpin yang baik akan mampu mendengar apa yang dikeluhkan rakyat, bisa memberi jalan keluar terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi rakyat,” demikian prinsip yang dipegang teguh Zairullah, ketika memulai langkah membangun Kabupaten Tanah Bumbu.

Kuasa hukum pribadi Calon Bupati Tanah Bumbu, DR. Suriyanto PD, SH, MH, M.Kn, yang juga praktisi pers dan Ketua Umum Partai Nusantara ini mengungkapkan, sebagai sosok pemimpin, Zairullah telah melahirkan banyak inovasi, dalam membangun tata kelola pemerintahan Tanah Bumbu yang bersih, transparan dan akuntabel.

“ Saya mengapresiasi sahabat saya dr. Zazirullah untuk mengabdikan diri kembali sebagai Bupati Tanah Bumbu, bersama pasangannya agar Tanah Bumbu menjadi lebih baik, maju, mandiri,” kata Suriyanto.

Suriyanto mengungkapkan, dr. Zairullah merupakan sosok yang agamis dan nasionalis, menghargai semua agama dan suku di daerah yang dipimpinnya. Warna kebhinekaan, kata Suriyanto benar-benar terawat dan terjaga.

“Kebiasaan beliau akan kembali bila terpilih menjadi bupati Tanah Bumbu yang selalu melakukan doa bersama setiap hendak berkegiatan kepada seluruh SKPD yang dipimpinnya serta beliau sangat memperhatikan kemajuan daerahnya, beliau juga seorang tokoh yang mempunyai ribuan anak asuh ini bercita cita membangun Tanah Bumbu khususnya, dan Kalsel dan Indonesia maju pada umumnya,” terang Suriyanto.
(Mulyawan )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed