by

Disnakertrans dan Energi adakan Preskon Terkait Kantor-Kantor yang Terdampak Covid 19

-Metro-33 views

Jakarta, Metroheadline.net-Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta adakan Jumpa Pers terkait pengawasan Kantor-Kantor yang Terdampak Covid 19 dan penerapan Pembatasan masuk karyawan yang ada di wilayah DKI Jakarta, diadakan di Kantor Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta, Jalan Prapatan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, (29/7/2020).

Dalam arahannya Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta Andriyansyah mengatakan kita bisa silaturahmi di kantor saya, dan tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui masalah klaster baru yang ada di perkantoran, pada prinsipnya Dinas Tenaga Kerja akan melakukan pemeriksaan apapun yang dilaporkan kepada Dinas Tenaga Kerja kaitannya dengan PSBB pada masa transisi ini, yang juga mengeluarkan SK Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta No. 1477 tentang protokol dan pengendalian Covid 19 di perkantoran dan tempat kerja pada masa PSBB Transisi menuju masyarakat sehat, aman dan produktif, “katanya.

Ia melanjutkan disitu ada 22 butir yang memang harus ditaati perkantoran atau tempat kerja atau perusahaan yang akan memutus mata rantai penyebaran covid 19, yang paling utama kami tempatkan adanya kewajiban tempat kerja atau perkantoran yang membentuk Gugus Tugas internal perusahaan, dan ini harus dilakukan karena sampai saat ini jumlah perusahaan yang ada di DKI Jakarta berdasarkan sistem wajib lapor yang ada di Dinas Tenaga Kerjaan dan sistem ini klik dengan sistem Kementerian Tenaga Kerjaan berjumlah 78. 946 perusahaan dengan jumlah pengawas tenaga kerjaan yang kami miliki hanya berjumlah 58 orang, Kalau pun toh kita mengerahkan seluruh pegawai Disnakertrans jumlahnya ada baru 523 orang jadi masih sangat jauh untuk Menkover oleh karenanya kita butuh peran serta masyarakat perkantoran tempat kerja untuk saling mengingatkan terkait penerapan protokol Covid 19 di kantornya, “lanjut Andri.

Kami juga mengatur tambahnya adanya pembatasan karyawan, bahwa 50% jumlah karyawan yang boleh masuk dan 50% nya di rumah dan adanya pembatasan waktu tentang sihft masuk, yang pertama jam 07 00-13.00 dan yang kedua 10.00 sampai jam 19.00, serta adanya cara cuci tangan pake masker dan sebagainya dan kita sudah keluarkan dalam SK tersebut, “tambahnya.

Kita tidak juga adanya penyebaran covid di kantor, dan dapat info ternyata kenanya tidak di kantor tetapi di luar kantor, dan positif dan adanya info kita tidak langsung tutup, dan kita lakukan pemeriksaan tes secara mandiri dan pihak perusahaan mempunyai kemitraan dengan rumah sakit yang ditunjuk oleh perusahaan hasilnya negatif, dan hal. Inilah ada pemeriksaan kecuali ada kasus positif kita langsung penutupan ada 2 pola yaitu kita lakukan apel dan pemeriksaan langsung kemudian adanya laporan dari masyarakat kita bagi 2 yakni eksternal dan internal adanya pelaporan dari para karyawan yang melaporkan dan. Memang umumnya lebih valid dari kondisi sebenarnya, “jelasnya.

Di Disnakertrans ada 7 tim dan sekarang ada 5 dikurangi paskah Idul fitri adanya masalah perkara pelaporan dari para karyawan PHK, upah dan masalah THR atau langsung pendaftaran masalah perselisihan hubungan Industrialnya,” pungkas Andri. (Mulyawan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed