by

Peduli Kaum Dhuafa Wali Kota Jakbar Resmikan 5 Bedah Rumah di Wilayah Kalideres

-Nasional-419 views

Jakarta,metroheadline.net-Wali Kota Jakarta Barat H Rustam Effendi meresmikan lima bedah rumah di wilayah Kecamatan Kalideres, Rabu (31/10) pagi. Peresmian rumah dhuafa ini secara simbolis dilaksanakan di rumah Anih RT 009/01 Kelurahan Pegadungan, Kalideres. Kegiatan tersebut merupakan program Bazis Jakarta Barat.

Selain lima rumah yang diresmikan, program bedah rumah juga dilaksanakan di seluruh wilayah kelurahan di Jakarta Barat. Masing masing kelurahan mendapat jatah satu rumah yang dibedah. Bazis Jakbar memberikan bantuan uang senilai Rp 50 juta. Bantuan program bedah rumah ini merupakan hasil pendayagunaan ZIS (zakat infaq dan sodaqoh) masyarakat. “Jadi uang yang dikumpulkan masyarakat melalui Bazis, akan kembali disalurkan kepada masyarakat dalam bentuk karya nyata. Contohnya, program bedah rumah,” jelasnya.

Wali Kota juga meminta peran RT dan RW dalam upaya memberdayakan masyarakat membantu kelancaran program bedah rumah. Upaya Bazis Jakbar membantu masyarakat perlu diapresiasi. Namun, itu dirasakan belum cukup, karena program ini harus didukung semua pihak. “Saya meminta RT dan RW lebih jeli dalam memanfaatkan potensi yang ada di wilayah,” imbuhnya.

Peran RT dan RW juga sangat diperlukan dalam mengatasi permasalahan di lingkungan. Mereka harus peduli kepada warga tak mampu serta peduli akan kebutuhan pendidikan anak-anak. “Ini yang akan memutuskan mata rantai kesenjangan antara orang kaya dan miskin melalui penciptaan lapangan kerja, peningkatan pendidikan anak dan kesejahteraan warga,” tambahnya.

Sekretaris Camat Kalideres, Endang P Handayani mengatakan, peresmian bedah rumah secara simbolis dilakukan di kediaaman Anih, Warga RT 009/01, Pegadungan, Kalideres. Selain Pegadungan, empat rumah dhuafa yang diresmikan lainnya berada di Kampung Gaga RT 003/9, Kelurahan Semanan, RT 4/1 Kelurahan Tegal Alur, RT 9/11 Kelurahan Kalideres, dan Rt 10/7 Kelurahan Kamal.

 

Peresmian lima rumah dhuafa ini merupakan wujud nyata dari hasil pendayagunaan ZIS masyarakat Kalideres. “Selama ini masyarakat belum tahu atau paham (program bedah rumah Bazis-red). Ini semua wujud nyata dari sumbangsih masyarakat yang menyumbang rizkinya melalui Bazis. Selain bedah rumah, dana masyarakat yang dikumpulkan melalui Bazis akan disalurkan kembali kepada masyarakat melalui sejumlah kegiatan, diantaranya, santunan anak yatim dan dhuafa,” ujarnya.

Ia pun memohon kepada masyarakat untuk menyalurkan sebagian rizkinya beramal melalui Bazis Jakarta Barat. Karena dana yang dihimpun dari masyarakat nantinya akan dikembalikan kepada masyarakat yang membutuhkan. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Bazis atas bantuannnya. Terimakasih juga kami sampaikan kepada donatur yang membantu kelancaran program bedah rumah ini. Donatur yang membantu menyalurkan dana sekitar Rp 20 juta,” paparnya.

Peresmian lima bedah rumah di wilayah Kecamatan Kalideres ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng serta penandatanganan prasasti. Pada kesempatan tersebut, Wali Kota H Rustam Effendi, didampingi Kepala Bazis Jakbar Dedi Santosa, serta Sekcam Kalideres, Endang P Handayani meninjau rumah Anih, yang telah dibedah. (mulyawan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed