oleh

12 Personel Polri Studi Banding ke Jepang, Polda DIY Kirim Kompol Tony Priyanto

-Daerah-74 views
SLEMAN, METROHEADLINE.NET

Mabes Polri beberapa hari yang lalu mengirimkan 12 anggotanya untuk studi banding di Jepang melalui program Japan International Cooperation Agency (JICA). Tujuan ke sana adalah untuk melaksanakan kerja sama Polri RI dengan kepolisian Jepang.

Hal tersebut disampaikan salah seorang anggota perwakilan dari Polda DIY, Kompol Tony Priyanto, S.H. kepada Metroheadline.net, Kamis (22/9). Kegiatan itu dimulai pada 16 September 2022 sampai 22 Oktober 2022. Kepolisian Jepang merupakan salah satu kepolisian di dunia yang dianggap paling berhasil menerapkan community policing (Polmas), sehingga citra dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap polisinya sangat baik.

Polri melakukan studi banding dengan Kepolisian Jepang (Foto: humas)

Polri dan Kepolisian Jepang sudah bekerja sama sejak 20 tahun lalu. Polri selalu mengirimkan perwakilannya setiap tahun, kecuali pada 2020 sampai 2021 karena hampir di seluruh dunia dilanda pandemi Covid -19.

Tujuan studi banding ini untuk membandingkan sekaligus mempelajari sistem kepolisian di Jepang untuk diadopsi atau diadaptasi penerapannya di Indonesia, tentu juga disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat kita Indonesia.

“Perwakilan dari Indonesia ada 12 anggota. Kebetulan dari Polda DIY saya yang ditunjuk oleh atasan. Harapan kami, Polri bisa mengambil pelajaran dan tentu pengalaman serta hal-hal yang baik dan bisa diterapkan dalam sistem kepolisian kita, khususnya strategi community policing. Kami juga berharap agar polisi kita bisa seperti Kepolisian Jepang, yang sangat dipercaya dan dicintai oleh masyarakatnya,” ujar mantan Kapolsek Mlati dan Wakapolres Sleman dan saat ini bertugas di Polda DIY sebagai Sespripim. (Joni Chan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed